Walikota Bangga, Baznas Ternate Terbaik Dalam Pengelolaan Zakat

TERNATE- Walikota Ternate mengapresiasi kinerja Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate, karena sampai saat ini masih diakui sebagai salah satu Baznas terbaik oleh Baznas Pusat. Hal ini disampaikan walikota M. Tauhid Soleman pada acara Silaturahmi Baznas dengan paguyuban, para profesional dan pengusaha se-Kota Ternate, Senin (14/03), di Restoran Red Corner Ternate.
Menurut walikota, Baznas Kota Ternate saat ini menjadi role model bagi pengelolaan zakat di beberapa daerah lainnya di Provinsi Maluku Utara. “Saya berharap ini bisa ditingkatkan dan diselaraskan dengan program pemerintah kota, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap walikota.
Ia juga mengungkapkan, selama ini pengelolaan zakat masih sederhana. Ia berkeinginan Baznas Ternate bisa memaksimalkan aspek pemberdayaan sebagai konsep utama, agar selaras dengan ritme pemerintah kota.
Tauhid menyinggung soal pajak dan retribusi Kota Ternate yang cukup profesional, sehingga diharapkan Baznas juga dapat mencontohi hal itu. “Potensi zakat Kota Ternate ini cukup besar. Sekarang tergantung Baznas saja untuk bisa bekerja lebih profesional, kreatif dan inovatif,” ujarnya lagi.
Sementara itu Ketua Baznas Kota Ternate H. Adam Ma’rus menyampaikan, pada periode Januari-Maret 2022 zakat, infak dan sadakah (ZIS) yang berhasil dihimpun Baznas Kota Ternate sebesar Rp. 512.765.000, yang terdiri dari zakat Rp. 335.336.000 dan infak sadakah Rp. 117.429.000. Sementara yang telah disalurkan sebanyak Rp. 149.456.000 atau sekitar 30 persen kepada 189 orang penerima bantuan.
Untuk tahun 2022 ini, lanjut Adam, Baznas Kota Ternate menargetkan jumlah pengumpulan ZIS mencapai Rp. 8 Milyar. Meski agak tinggi namun ia optimis target ini bisa dicapai. “Semakin banyak dana yang dikumpulkan maka akan semakin banyak pula orang-orang yang bisa dibantu dan diberdayakan, yang nantinya akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan umat,” jelas Adam.
Acara silaturahmi ini dihadiri Rektor IAIN Ternate, Ketua Paguyuban Kota Ternate DR. Jubair Situmorang, sejumlah pengusaha dan profesional. Juga ditandai dengan pemasangan selempang Duta Zakat Baznas Kota Ternate kepada 9 orang perwakilan.(_)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *