Arus Mudik Gunakan Transportasi Laut di Malut Capai 14.118 Orang. Jangan Lengah

Ternate (ANTARA) – Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ternate, Maluku Utara (Malut) mencatat arus mudik hingga Jumat (29/4) yang menggunakan jasa transportasi laut dari Ternate ke berbagai antar-pulau di wilayah Malut dan Sulawesi mencapai 14.118 orang.

“Selain itu, untuk penumpang yang mudik ke Ternate alami peningkatan yakni mencapai 12.442 orang,” kata Kepala Seksi Lalulintas angkutan laut KSOP Ternate, Junaidi kepada ANTARA di Ternate, Jumat.

Ia mengatakan arus mudik dari Kota Ternate ke berbagai daerah antarpulau telah dimulai 24 April 2022 lalu melalui 10 pos pelabuhan di Kota Ternate dan menggunakan kapal kecil maupun kapal berukuran besar keluar Ternate.

Masyarakat yang mudik ke kampung halaman mulai dari Pulau Halmahera, Morotai, Sanana, Taliabu, Halmahera Selatan hingga ke Pulau Sulawesi juga mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya.

Dia memperkirakan puncak arus mudik penumpang ke berbagai daerah di Malut dan Sulawesi akan terjadi pada hari ini dan Sabtu (30/4) dengan dominasi penumpang dari Ternate ke Kabupaten Kepulauan Sula, Pulau Taliabu Taliabu dan Halmahera Selatan.

Khusus untuk transportasi ke Kabupaten Kepulauan Sula dan Taliabu telah tersedia kapal yang mengangkut penumpang sejak Kamis (28/4) hingga hari ini yakni KM Uki Raya dan besoknya KM Barcelona akan mengangkut penumpang dari Ternate.

Dengan demikian, meski penumpang mengalami lonjakan hingga 10 persen, tetapi arus kepadatan penumpang bisa teratur karena adanya kapal yang membawa penumpang ke kabupaten itu tersedia setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *