Walikota Ternate Salurkan Zakat Maal ke Baznas

Dengan menggunakan fasilitas layanan jemput zakat, Walikota Ternate M. Tauhid Soleman menunaikan kewajiban membayar zakat maal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Ternate.
Setoran zakat orang nomor satu di Kota Ternate ini diterima langsung Wakil Ketua Bidang Pengumpulan ZIS Baznas Kota Ternate Mu’min Arif, bertempat di kediaman Tauhid Soleman, Lingkungan Jan, Kelurahan Tabona Kota Ternate Selatan.
Kepada wartawan Mu’min Arif menegaskan, sikap walikota ini menjadi contoh positif bagi para pejabat dan pengusaha di daerah ini. Ia juga menitikberatkan pentingnya kalangan dunia usaha untuk bersama-sama Baznas mengembangkan pemberdayaan masyarakat melalui penyaluran zakat, infaq dan sedekah (ZIS) di Baznas Kota Ternate. “Ke depan terkait ZIS ini harus bisa kita tingkatkan lagi secara bersama-sama, karena Baznas bukan hanya membidangi zakat tapi berbagai program bantuan yang berorientasi pada pemberdayaan,” jelas Mu’min.
Menurut dosen UMMU ini, potensi ZIS di Kota Ternate cukup besar, mencapai puluhan miliar, namun belum dimaksimalkan.
Sementara Ketua Baznas Kota Ternate Adam Ma’rus mengapresiasi sikap Walikota ini. Adam berharap para pejabat dan pengusaha bisa menyalurkan zakat melalui Baznas Kota Ternate. “Baznas bersinergi dengan berbagai pihak, pemerintah maupun swasta. Mari kita berdayakan masyarakat Kota Ternate dengan bantuan-bantuan produktif, yang bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat,” harap Adam.
Untuk Ramadan tahun ini Baznas Kota Ternate telah menyalurkan dana sebesar Rp. 311 juta lebih dan 24 ton beras kepada 1.809 mustahak (orang yang berhak menerima zakat) di 7 kecamatan. Bantuan ini diharapkan dapat sedikit meringankan kebutuhan ekonomi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *